Skip to main content

Ibu Hamil Jatuh Terduduk / Tengkurap Terpeleset Apa Akibatnya? dari Tangga / Motor

Waduh… Ibu hamil terjatuh dengan posisi duduk? Gawat enggak ya? Jatuh saat hamil, sebenarnya merupakan hal yang sangat mungkin terjadi, tapi perlu juga diwaspadai ya bun, Ibu hamil memang memiliki kecenderungan untuk kehilangan keseimbangan dan terjatuh yang salah satunya disebabkan oleh titik keseimbangan tubuh yang bergeser ke depan karena perut yang membesar.

Hal ini membuat ibu hamil sedikit sulit untuk berdiri tegak. Jadi bisa gampang untuk terjatuh. Lalu bagaimana jika ibu hamil terjatuh dalam posisi duduk?

ibu-hamil-jatuh-terpeleset

Ibu hamil yang terjauh memang banyak resiko yang akan terjadi. Jatuh terduduk memang tidak menyebabkan janin berbenturan langsung dengan permukaan tanah.

Namun Jika bunda terjatuh dalam posisi duduk, resiko yang mungkin terjadi adalah bisa menyebabkan poros tulang belakang ibu mengalami benturan yang keras.

Beban tubuh ibu juga dapat tiba-tiba bertumpu pada tulang belakang. Namun, bila ibu jatuh terduduk pada usia kehamilan lanjut, dapat berisiko kantung ketuban robek, sehingga memicu kelahiran lebih awal.

Bila bunda terjatuh ketika hamil dalam posisi apapun yang pertama harus dilakukan adalah tetap tenang. Jatuh tentu menyebabkan bunda syok, namun kecemasan berlebihan bisa memicu stres dan kontraksi rahim.

Apa Akibat Ibu Hamil Jatuh Terpeleset

Kontraksi rahim yang berlebihan dapat membuat kantung ketuban sobek bahkan menyebabkan kelahiran prematur.
Alasan yang kuat agar bunda tidak perlu khawatir berlebihan ketika terjatuh pada saat hamil.

jatuh-saat-hamil-di-tangga-motor

Janin dalam kandungan diliputi perlindungan berlapis yang cukup kuat, yaitu cairan ketuban, kantung ketuban, otot rahim dan perut, serta rangka di sekitar perut.

Organ-organ tersebut mampu melindungi bayi dari benturan, misalnya karena terjatuh. Setelah bunda tenang, barulah bunda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Hal tersebut penting walaupun bunda merasakan baik-baik saja dan hanya mncul flek setelah terjatuh. Karena hal tersebut bisa saja terjadi hal yang membahayakan janin.

Jadi kesimpulannya, walaupun bunda terjatuh dalam keadaan duduk mengandung resiko yang membahayakan bagi janin, namun yang harus bunda lakukan pertama kali adalah berusaha tenang ya bun, karena panik akan malah menambah resiko membahayakan bagi janin, lalu segeralah periska ke dokter.

Writen by

user

Writen By user

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *