Skip to main content

Contoh Latar Belakang Masalah

Dalam membuat karya tulis kita perlu membuat contoh latar belakang masalah, sayangnya seringkali para mahasiswa tidak begitu paham bagaimana cara membuatnya, sehingga diperlukan beberapa contoh yang menarik tentang bagaimana sih orang-orang membuat “Latar Belakang Masalah” dalam menyusun karya tulis atau skripsi.

Tugas akhir kuliah membuat tesis atau disertasi terkadang menyusahkan semester kuliah terakhir, karena memang pekerjaan ini jarang dilakukan seseorang sehingga perlu kehati-hatian dan keseriuasan yang tinggi untuk menyelesaikannya.

Berikut contoh latar belakang masalah yang biasanya disusun oleh mahasiswa tingkat akhir:

Contoh Latar Belakang Masalah

Dari situ bisa disimpulkan bahwa inti dalam menyusun latar belakang atau rumusan yang mendasari disusunnya karya tulis, yaitu sebagai berikut:

  • Untuk memahamkan perumusan masalah, kita tahu dalam menulis ada permasalahan yang kita bahas, agar semakin paham, perlu ditulis dahulu pembahawan awal agar mempermudah dalam membaca isinya.
  • Informasi ini sangat diperlukan agar masalah yang dibahas dalam sebuah skripsi bisa diketahui lebih detail lagi.
  • Setelah menulis latar belakang masalah, langkah selanjutnya adalah menulis perumusan masalah

Biasanya dalam paragrap terakhir penulisan latar belakang masalah terdapat kesimpulan yang intinya adalah jawaban dari tulisan sebelumnya dan ditulislah di akhir paragrap tentang perumusan masalah.

Tips Menulis Halaman “LATAR BELAKANG MASALAH” yang Efektif dan Efisien

  • Anda suka dengan bahasannya, istilahnya sesuai “passion”. Dengan ini akan membuat Anda semangat menulis, karena itu gue banget. Sehingga ketika kesusahan dalam menulis, karena Anda suka, jadi tidak bosen, tidak patah semangat. Sesuatu yang sesuai dengan minat Anda akan membuatmu terus-menerus melakukannya meskipun berat dan lama .
  • Pastikan bahwa penelitian yang Anda lakukan itu dapat kelar. Ya, sedari awal tanamkan dalam alam bawah sadar Anda, bahwa penelitian ini pasti kelar dan dapat selesai tepat waktu sesuai deadline dari kampus. Memastikan penelitian yang dapat dilaksanakan sampai rampung, akan membuat energi positif di pikiran Anda, sehingga sesusah apapun dan selama apapun mengerjakan, Anda bisa enjoy menyelesaikan tugas akhir ini.
  • Buatlah lingkungan Anda mendukung kegiatan ini. Meskipun ini faktor kecil, dari berasal dari pihak luar, tetapi beberapa mahasiswa yang gagal menyesaikan skripsinya bisa saja disebabkan karena lingkungan tidak mendukung. Misal temannya juga banyak yang malas-malasan, adanya masalah pribadi dengan dosen, problem psikologis di rumah atau keluarga, masalah ekonomi keuangan dan beragam masalah lain.
  • Penelitian anda memberikan manfaat bagi orang lain. Dengan memahami ini, anda akan tanpa patah arang menyesaikan skripsi sampai dijilid rapi, disetujui dosen pembimbing hingga ditandatangani rektor. Mengingat-ingat bahwa ini manfaatnya baik banget buat orang lain, tentu membuat Anda ringan banget melangkah mengetik di laptop hingga titik terakhir.

 

Writen by

user

Writen By user

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *